Saturday, May 17, 2008

Jen-Chan itu Cinta Monyet....kah?

“Kita berjalan trus ke depan...
Sesekali kita melihat ke belakang...
Melihat segala kenangan manis yang tertinggal...
Dan kenangan pahit yang terkubur jauh di belakang...
Lalu merindukan waktu yang tak kembali...
Beserta orang-orang yang tak tergantikan...”

Yoh!! Domoo~!! Andhika desu~~!! Huahahaha... Akhir-akhir ini wa sedang terjangkit HGV, Hard Gay Viruses!! Fooo~~[Buat yang gag ngerti apa itu Hard Gay silakan search di Google/Youtube]. Okaayy~~ Kita lanjutkan.

Akhir-akhir ini wa lagi deg-degan neh? Ha? Jatuh Cinta?? Ya.. Sebenernya setiap kali Deny ada di dekatku....Ya bukanlah!! Wa lagi deg-degan, karena ini adalah masa-masa gua mendekati Deny..Eh!! Ulangan Umum!!

A..Nilai wa rada mengkhawatirkan. Tapi wa pasti BISA NAIK KELAS!! Hakhakhak... Wa makin niat deh ngeles. Upss,, Ngomong-ngomong tentang deg-degan, cinta-cintaan, ma les-lesan, ada sedikit cerita neh:

Jadi, ceritanya wa kan les math bareng beberapa temen skul wa di tempat omnya temen skul wa yang jago math yang ngajar di skul yang satu yayasan ma skul wa..[Arrgghhh...Wa pusink!!]. Nah, skitar senin lalu seh, tepatnya tanggal 12 Mei 2008, temen wa yang kita sbut saja Si Jamur, diceng-cengin ma Entah-Sapa-Yang-Mulai Duluan-Gua-Lupa. Si Jamur[Knapa harus Jamur?], tuh diceng-cengin ma cewe yang dia taksir sejak kelas X n maybe sampe skrg juga masih. B’hubung keknya asyik, Gua ikutan donk~! Biar Gaul, gitchu..

Om nya Si Jamur,”Mur, Mana sene Fotonye?? Sini Gue Mo Liat! Kek apa seh cewe lo?”

Gua yang enjoy ngegodain si Jamur, “Saya ada, Pak! Besok kamis saiia bawain!!”. Saut wa sambil mengacungkan jari penuh semangat, bagai Bung Tomo yang membakar semangat arek-arek Suroboyo lewat Radio Apalah-Gua-Lupa. Maksudnya b’canda doank. Namun, tanpa disangka smua itu telah merenggut kesuciannya..Eh? Ehm..Mungkin yang bener menginjak-injak harga dirinya, menyayat hatinya, meremas jiwanya, menggilas, mengobrak-abrik, memilin-milin, mengaduk..Halah jadi keterusan. Well, in short: Jamur tersinggung dan marah.

Yah.. Si Jamur ini emang rada-rada payah dalam hal ini. Tipe yang ga brani berjuang. Cuma karena udah merasa tau gimana hasilnya, dia lebih milih mundur dan mencari damai. Tipe yang seperti itu, wa kurang begitu suka. Karna menurut wa, meski kita taw persis nanti hasilnya kan jadi seperti apa, yang harus kita perlukan adalah berjuang, lakukan yang terbaik. Bukan berhenti dan berpasrah, ya kan? Lagipula itu yang sharusnya dilakukan cowo kan?

Yoh!! Tapi bagusnya kalo emang dia bisa pertahanin perasaan dia terhadap gadis itu. Meski bisa dibilang sikapnya itu seperti pengecut, tapi kalo misal dia bisa nunjukin kesungguhannya...sapa yang taw kelanjutannya bersama gadis yang dia sukai itu? Berjuanglah Jamur.
Fuh..Mlihat Si Jamur, wa jadi ingat masa-masa wa SMP dulu...Hmm...Let’s turn the pendulum back!

2002, SMP Pangudi Luhur 1 Jogja. Sbuah skolah yang bertempat strategis dan mewah -mepet sawah- karena di sekitarnya masih ada lahan persawahan gitu. Hihi...Tempatnya luas, hmm..mungkin skitar 2,5 kali SMAK7 luasnya. Pepohonan rimbun, menyejukkan mata dan juga udara. Kita takkan kepanasan kapanpun kita melintasi lapangan yang luas itu. Lapangan sepak bola, basket, volly skaligus kasti dan kandang sepeda ada di belakang gedung skolah yang bergaya Belanda-Jawa... Wah,, Kangennya SMP ku itu.

Well, sdikit info aja. Di Jogja wa ga memiliki banyak teman. Entah kenapa. Mungkin karena wa terlalu sombong? Mungkin. Ato karena selera wa yang berbeda dari kebanyakan anak. Juga mungkin karena wa yang kurang bisa berkomunikasi dengan mereka. Mereka pake bahasa jawa, bahasa yang kurang wa suka karena wa anggap kasar. Karena itu wa ga pake bahasa jawa saat bicara, jarang.. And, mungkin mnurut mereka, cowo yang ga pake bahasa jawa tuh banci. Yah,, jadi lah wa ga memiliki banyak teman dulu.
Tapi alasan lain, karena wa begitu pemilih dalam berteman. Wa yang memilih dan menentukan, siapa yang jadi sahabatku. Wa ga biarkan orang lain yang memilih wa. Sombong yha? Yoh! Mo gmn lagi?

Jadi, hingga kelas 3 SMP tersebutlah mereka, orang-orang yang udah dengan apa-boleh-buat[hehe..] bersedia wa pilih untuk jadi Sohib gua. Pertama iz Agung[Kaw ga da Khabar Oi!]. Orangnya cool, tapi kocak! Kita slalu hepi dah bawaannya. Kedua iz Ivan, japan lover like me. Pintar, Ganteng, Pinter masak, Baik hati, hemat n rajin menabung[Beneran lho!]. Sekarang kuliah di Ausie. Ketiga iz Dheo, Ganteng, pinter juga, idiot, creative, waktu smp seh playboy, tapi kalo dah punya ce..Fooo~!! Trus yang keempat, Bayu, ketua Osis, cool, pinter, kocak, mesum, analisanya kalo QQ yang bilang mungkin: YONKRU DAH!! Buat seorang jawa masuk kategori ganteng dan memang dia sering menyebut dirinya ganteng... Lalu, ada juga seorang cewe, yang menghiasi masa SMP wa, her name was Jeni...Jeni Fan Allen. Plus ditambah aksesori buat lucu-lucuannya [hehe..canda lho!!], Tita, sahabatnya. Si Tita ini lucu lho! Badannya kecil, kalo dibandingin ma Jeni.. Kek ibu anak. Jidatnya lebar, seolah mo nyaingin lapangan sekolah. Orang biasanya bilang Jenong, Cunong, Nonong... Makanya, wa kalo panggil ce biasanya nona, tapi kalo khusus Tita jadi NongNa! Hehe.. Dan, Eits!! Jangan salah!! Jidatnya ini memiliki kekuatan magis yang dapat membuat setiap orang yang lewat di deketnya ingin mendaratkan tangannya di jidatnya itu. *plok* Kasian kali kaw, NongNa...

Lho? KoQ jadi ngomongin NongNa?? Kan topiknya Jeni!! Hmm..Dimulai darimana yha? Okay~~!! Kmunculan perdananya si Jen-Chan[itulah cara wa panggil dia] tuh waktu kelas 1 SMP, muka bulet, rambut sepanjang Ayundha, padahal tingginya lebih dari Ayundha. O, ia. Ayundha itu seorang anak angkatan gua, manis, baik, berambut sangaaatttt paaannnnjjjjaaaaannngggg ampe lebih dari pinggulnya. Kalo temen wa bilang si Pantat Serambut! Nah, si Jen-Chan juga dulu rambutnya sepanjang itu. Tapi tingginya booo...Beda jauh dari gua..Kalo tinggi wa waktu itu 140, tinggi Jen-chan ada skitar ampir 160!!

”Ini cewe apa pu’un..?” Pikir wa.
Wajahnya manis, berkelakuan sangat baik, ramah, cerdas, perhatian...Ah, lets just say that she was perfect. Love at first sight? Well, I don’t really remember. Entah sejak kapan rasa ketertarikan gua padanya muncul.

“Hey! Muka Telor!! Kamu tinggi banget sih??” Ejek wa sambil kepala wa dongak karena tinggi wa kebanting. Dasar anak baru puber, suara aja masih kek anak cewe. Cewe? Iya cewe! Ada cerita waktu kecil neh, jadi setiap kali ada telepon pasti mereka akan berkata, ”Maaph, MBAK. Bisa bicara dengan Bu ****?”

”Oh, tolong sampaikan pesan aja ya, MBAK. Blablabla...Makasih ya, MBAK.” *Cklek[suara telpon ditutup].
“Bangke!” Kata wa sambil nutup telpon juga.
*Kring!!* ”Halo, bisa bicara dengan Bu *****?”
”Oh, Bu ***** lagi engga ada...” Kata wa dengan sopan.
”Kalau begitu saya titip pesan aja yha, MBAK. Tolong sampaikan, blablabla...O, ia. Saya bicara dengan MBAK sapa ini?” Kata dia masih nyerocos, padahal sini udah BeTe berat denger kata MBAK. I’m a man, Man!!
”Andhika...” Jawab wa sambil cemberut.
”Oh, MBAK Andhika[WHAT THE!?], tolong pesen saya disampaikan yha, MBAK?” *Cklek* ………….
Kalo ga kalo lagi nelpon nyokap. “Halo, bisa tolong sambungkan ke Bu *****?”
”Baik, dari Ibu sapa?” Jawab Operator. ”Dari putranya.” Jawab wa keki.

Nah, balik ke Muka Telor. Emang masih dasar anak baru mau puber, cara menarik perhatian lawan jenisnya masih lom pake minyak pheromone, tapi ejek-ejekan ga jelas. Muka Telor? Iya, tadi dah dicolek di atas, bahwa muka si Jen-Chan ini tuh bulet. Bukan bulet seh, oval gitu dech! Kayak spa boiled egg­ yang di Harvest Moon. Jadi wa panggil dia Muka Telor dan dari sinilah awal kisah MT[Muka Telor] dan Sapidickman. Jadilah kita kadang bermain di bawah pohon, muter-muteran and nyanyi-nyanyi and berjoged liar kayak film India. Ato kadang kejar-kejaran di laut, dihiasi matahari terbenam, kita berdua kejar-kejaran slowmotion gitu. Kayak film-film japan jadul. Kita mesra kejer-kejeran di laut saat sunset, kayak anak kecil ngejer abang tukang somay sore-sore.

“Andhikaaa-kunn….Tangkap Aku…”
“Chotto Matte…Jen-Chuuaann….!![Tunggu aku..Jen-chan...]” Kya~ Kyaa~~ Haha…Hahaha…Kyahahaha… Tawa kami menggema di lautan luas….
NAJONG!! YA KAGAK GITU JUGA KALI!! Mulai dari yang kalimat, ”Jadilah kita kadang blablabla..” sampai kalimat sebelum ini tolong dilupakan.

Yah, jadi mungkin itu yang dipandang kita dan orang-orang dewasa pada umumnya sebagai: Cinta Monyet. Cinta monyet? Masa iya itu yang waktu itu wa rasakan dan lakukan adalah bagian dari cinta monyet? Awalnya emang mungkin isa disebut cinta monyet, tapi kita lihat nanti yha.

Ah,,Di kelas satu smp inilah wa pertama kali pake kacamata, begitu pake langsung minus tiga. Aha!! Mungkin di sini si Jeni baru tampak jelas di mata gua yha?
Si Jeni ini kalo ke skola naek sepeda. Kebayang dech waktu itu dia dengan Muka Telor-nya dan rambut yang menjulang sampai ke pantat, pakai baju n topi jerami pramuka, genjot sepedanya. Dengan senyum ramah di wajah dia menyapa teman-temannya. Haha..

Suatu ketika pas les tambahan bahasa inggris, dia duduk di belakang gua.
”Dhika, pinjem catetan donk. Nda kethok[keliatan] dari sini.” Kata dia. Suaranya lembut.
”Oh, nih! Tapi maaf yha tulisanku agak...” Kata wa sambil memandang tulisan wa yang entah-kenapa-begitu-masuk-SMP-jadi-Jelek.
”Bagus kan? Tulisan mu gedhe-gedhe, jadi gampang kebaca.” Kata dia dengan muka polosnya.

Yha..ia seh bener, tapi maksud wa bukan tulisan wa yang gedhe, tapi tulisan wa yang gedhe-gedhe tapi berantakan itu. Yha, wa seh stay cool aja.

Suatu ketika, saat tambahan bahasa Inggris lagi, kita disuruh nyanyi. Bole sendiri, bole berkelompok. Lalu giliran dia tiba. Dia maju ke tengah-tengah kita, yang waktu itu lagi duduk membentuk huruf U.

“You’re my sunshine...My only sunshine...”

Wa terpana seketika, terpesona oleh sosoknya.. dan suaranya… Saat ini kalo dipikir-pikir, apa benar saat itu rasa cinta yang wa rasakan masih bisa disebut cinta monyet? Ah! Smua ini salah si monyet!! Coba kalo ga da monyet!! Pasti kan tinggal Cinta doank!!

31 Mei 2003, ulang tahunnya dia. Dia disiram di toilet ma Selly!! Padahal lum pulang sekolah n masih ada pelajaran!! Parah tuh niger satu.. [Hehehe..peacelha yha?]. Jeni tampak menggigil kedinginan. Wa jadi kasian liatnya.

“Jen, mau pinjem Jacket ku?” Kata wa sembari melepas jacket jeans biru kesayangan wa. Ternyata bakat gentleman gua dah ada sejak lama yha? Huahahaha... Habis kata-kata ini wa lupa kelanjutannya gmn.

”Eh, Jen, hari ini ulang tahunmu kan? Hmm...Neh buat kamu!” Kata wa sembari berbaring..eh,sembari menyerahkan sbuah hadiah berupa gantungan kunci yang melambangkan zodiaknya.
”Bintangmu ini kan?”
”Iya.”
”Sebenernya aku beli buat sepupu aku, tapi karena salah, buat kamu dech!”-ALIBI!! Sumpe Alibi banget. Padahal wa emang udah tau bintangnya dia n emang pingin kasih keychain lucu itu. Tapi karena bingung gimana kasihnya, munculah alibi tersebut.
”Slamet ulang tahun yha!” Kata wa sambil senyum Close Up.
“Makasih..” Balasnya dengan senyum Pepsodent.

2003, Menginjak kelas 2 SMP. Jeni potong rambut dan merombak penampilan. Dari si Gadis Desa yang potongannya kek anak-anak, ampe sekarang jadi kayak Putri Kaguya. Cantik Buangett!! Sumpeh Cantik! Chantique..Buat wa yang saat itu lagi jatuh cinta, apalagi kan? Pokokna Ajibh Dah!!

“.....Itu si Muka Telor...?” Tanya wa masih ga percaya karena perubahan drastis itu. Dari Muka Telor Polos Imut-imut ampe jadi Muka Telor Polos Cantik.
Nah, wali kelas kita waktu itu namanya Si Mam. Wali kelas gaul, ngajar bahasa Inggris tapi lebi jagoan muridnya. Nah, kebijakan Si Mam ini, duduknya harus cowo-cewe!! Jeng Jeng Jeng Jeng!! *grinning

Esok paginya, anak-anak masih pada cari-cari bangku, wa dapat tempat di tengah-tengah. Sendirian lum ada partner. O ia, jadi kalo di jogja tuh bangku nya semeja masih buat 2 orang. Pake meja yang lebar-lebar panjang-panjang gitu dech,, Wa ga mau duduk ma sembarang orang, apalagi karena harus co-ce duduknya. Taw sendiri kan~? Hehe..Agung dah dapat, Ivan juga, tinggal wa yang blum.

”Andhika aku duduk sini yha?” Kata seorang cewe.
”Ah..Maaph, tapi aku mau sendiri.” Kata wa, dan setiap kali ada yang dateng, wa jawab hal yang sama. Sampai ketika ia datang....
”Andhika, aku duduk sini yha..? Udah engga ada bangku lagi..” Kata Jen-chan.

Rupanya Tuhan merestui rencana wa yang licik itu. Kuhahahahaha...[Jahat Mode:ON].
”Ah, ia!! Duduk aja!” Kata wa sembari deg-degan. Yes!! Teriak wa dalam hati. Tapi ga lama. Cuma beberapa hari. Abis itu pada balik lagi ke posisi cowo-cowo, cewe-cewe.

Suatu hari, entah gimana, dia keknya bikin salah ke gua. Tapi apa, wa lupa. Trus hari itu wa jadi ga gitu ngobrol ma dia. Ga marah seh, tapi cuma lagi diem aja. Trus dia jadi ngerasa ga enak gitu dech ma gua. Pas pulang sekolah, di kandang sepeda. Critanya wa lagi sambil buka kunci sepeda. Dari belakang gua, parkiran seberang. Jen-chan manggil.

”Dhika...” Panggilnya lembut. Wa nengok, masih stay cool. Angin berdesir. Rambut wa tersibak. Persis kayak Rain yang ada di iklan Clear.
”Kamu nda marah mbek aku kan...?” Katanya.
”Hah? Marah? Engga koQ! Marah knapa coba..?” Kata wa sambil nyengir.
”Beneran? Syukurlah kalo kamu engga marah mbek aku...” Katanya sambil senyum senang, riang, hari yang kunantikan~ Trus kita sama-sama mo ngelanjutin nglepas kunci sepeda kita.

Tapi lum jadi ngelanjutin ngelepas kunci dia balik badan lagi ke arah gua,”Eh, tapi beneran ga marah kan?”
”Aduh..Engga koQ!!” Kata wa sambil pasang senyum salesman.
”Okay...” Dia mulai kluarin sepedanya dari posisi parkir. ”Ngomong-ngomong, Dhika..”
”Ya?” Sahut wa.
”KoQ kamu parir di sebelah situ sih? Itu bukannya tempat kelas 3 yha?” Kata dia sambil nunjuk papan b’tuliskan ”Parkir Kelas 3” di palang atap.

Ya Ampun!! Pikir wa dalam hati. Wa dah berkali-kali naek sepeda ke skolah tapi baru tau itu sekarang!! Padahal ampir tiap kali naek sepeda wa parkir di situ!! Tapi wa tetep stay cool.

“Oh, iya. Tadi wa terburu-buru, jadi asal markirin aja. Haha..” Kata wa penuh dusta.
”Oh, Yo wes. Aku duluan yha, nDhik! Daa Daa!!”
“Bye..” Balas wa sambil senyum and daadaa-daadaa kayak Miss Universe. Wa tersenyum sambil terus melihat ke arah dia.

Kmudian di suatu hari, terjadi hal yang tidak wa inginkan. Yudha nembak Jeni!!! Oh My God!! Akhh…Habis sudah harapan wa..Seorang Yudha yang paling pinter di kelas nembak Jeni…Ranking satu vs Ranking 2…Ya sudah…Habis kesempatan wa…

Usaha wa setaun penuh wat ninggin badan…Biar ga minder kalo deket dia..Hancur sudah…Habis sudah harap…

Eiittsss!! Tapi ternyata Jen-chan nolak Yudha!! Kuhahahahaha…Mampus lu Yudha!! Fooo~~ Sorak-sorak bergembira sudah!!

Hari-hari wa lalui seperti biasa. Hmm,,,ada suatu ketika si Jen-Chan minta biodata nya yang dulu, pas kelas 1 pernah dia kasih ke gua. Dulu FS lum ngetrend, masih jamannya tuker biodata. Primitive abis!!

“Dhika, kukasih yang baru yha?” Katanya.
“Oh, Bole-bole.” Jawab wa. Mana mungkin kan gua nolak?^^
Trus dia kasih biodatanya yang baru. Kyyaaa~~ Hard Gay Desu~ [Lho?]

Suatu ketika Dheo menghampiri,”Dhik! Aku punya berita bagus buat kamu!”
“Ha? Apaan?” Jawab wa ragu, cos tuh anak emang suka jahilin gua. Pernah wa lagi tiduran di UKS dan T*t*t gua ditepok ma dia. Kueennceeeng buaanggetthh!! Gila tuh orang! Saat itu wa dah berencana, kalo wa punya anak besok, wa kan suruh anak gua lakukan hal yang sama ke anaknya Dheo.

“Gini, nDhik! Kemaren tuh kan pas kita lagi Pramuka, aku kan duduk-duduk bareng Jeni. Trus, dia bilang, ’Andhika tu rajin yha?’.....Wooo~!! Slamat!!” Dheo merebut tangan wa n menjabat wa erat. Hari gini Pramuka? Weits!! Jangan salah! Gua saat itu ma Dheo ma Jenny ma Bayu jadi Dewan Penggalang. Mimpin adik-adik kelas.

“Halah, ‘Slamat’ apanya? Itukan engga berarti dia suka ma aku…” Kata wa menyanggah. Tapi seneng. Huehehe…
“Lho? Itukan artinya de’e[dia] perhatian karo kowe, nDhik!” Kata dia meyakinkan. Emang dasar playboy cap tempe bacem, nasehatnya adaaa~ aja! Sekarang dia dah punya cewe, and setia banget ma cewenya. Glad to hear that..
“Hajar aja, nDhik!! Tembak!!” Nah, ini dia mulai gila’!! Idiotnya kluar. Untuk yang satu ini wa ga dengerin.

Waktu ekskur PMR, Ivan[bukan yang sohib gua], pembina PMR n OSIS, bilang ke gua,”Kowe saiki koq dhuwur,nDhik?” [baca: Lu sekarang koQ tinggi, nDhik?”
“Ha? Moso?”
Iyo, meh sa’aku je..” [Baca: Yup! Hampir se aku tuh!] Katanya mengiyakan.
Dheo menimpali,”Iyo, dhuwur..Meh luwih saka Jeni, je…” [Baca: Iya, tinggi...Hampir lebih dari Jeni lho!]. Katanya sambil cengar-cengir. Dia mulai lagi menggodaku.

Yoh..Wa udah dari lama berencana harus lebih tinggi dulu dari Jen-Chan, sebelum wa berani menyatakan perasaan wa ke dia. Dan sekarang wa sudah bertambah tinggi!! Pertumbuhan yang begitu menakjubkan!! Wonderful!! Amazing!! Ajibh!! Cadas!! Smuanya ini berkat sunat laser waktu liburan kenaikan kelas!! Wahahaha..Sunat!! Berkat sunat!! .....Apa hubungannya?

Dengan ini, skitar 2-3bulan lagi wa bisa ngungkapin perasaan wa ke Jen-Chan. Hmm..Yah, cuman ngungkapin. Ga lebih, dia terlalu bagus wat gua. Lagipula wa juga pingin tau gimana perasaan dia ke gua. Wa menantikan hari-hari itu.

Tapi sekitar semester 2, Jen-chan dah punya cowo….
Pupus sudah harapan wa.. Sia-sia lagi hasil perjuangan ninggin badan wa. Wa melihat dunia wa saat ini sedikit jauh dari Jen-chan. Wa ga begitu berani mendekatinya. Sejak saat itu jadi agak jauh dari dia. Entah dia yang menjauh, entah gua yang menjauh, wa ga taw. Ah..Tak apalah, toh wa masih punya Dheo, Bayu, Agung n Ivan. Tapi wa tetap menyayangkan, wa ga sempet menyatakan perasaan wa…

Hari-hari berlalu dengan damai. Ga da konflik apapun ma sohib-sohibku. Suatu hari wa sekolah tapi pulangnya ga da yang jemput. Gua benci Bis, jadi wa lebih milih pulang jalan kaki 5-6kiloan dari pada bengong nunggu bis. Kebetulan, Jen-chan pulang juga ga da yang jemput, mbak Nur ga jemput dia. Entah kenapa, akhirnya jadi pulang bareng Jen-Chan. Wa temani pulang dia. Padahal, arah rumah jelas beda banget, gua ke barat, dia ke timur. Tapi biasa, alibi.

“Ga apa koQ! Arah wat nunggu bis juga ke arah sini.” Yang ini bukan alibi lho!

Trus kita jalan berdua..menyusuri jalan. Bercandaan, tertawa, ngobrol ngalor-ngidul­, meski rada kaku karena situasi dia yang punya cowo, tapi kami berdua menikmati saat-saat itu. Tawa dan senyumnya, bagiku saat itu, begitu cantik. Lagu yang main di kompie wa saat ini pas banget, Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki-nya Sheila On7.

Sampe di tempat nunggu bis. ”Rumahmu di mana Jen?”
“Masih lurus. Ga Jauh koQ!”
”Oh..Ehm..Kalo gitu kuantar sekalian dech!”
”Eh, ga usah!!” Katanya.
”Engga apa koQ! Masa iya seh aku biarin cewe pulang sendirian?” Kata wa sok gentle. Kemudian kami melanjutkan perjalanan lagi berdua. Memulai lagi pembicaraan dan gurauan. Wa berusaha melucu, meski wa tahu wa ga selucu sohib-sohib wa.

Mungkin Jen-Chan ga sadar, bahwa sepanjang perjalanan itu, aku diam-diam memperhatikannya. Memperhatikan wajahnya, tawanya, geraknya...

”Aku suka kamu, Jen-chan.” ingin wa katakan perasaan yang wa pendam itu. Namun aku teringat kalo dia dah punya cowo...

Kami terus melanjutkan perjalanan kami sambil tertawa-tawa. Esoknya kami berdua bertemu sambil cengar-cengir satu sama lain. Kami dah kayak kuda aja..nyengir.
Dengan ingatan wa yang terbatas ini, wa mencoba mengingat semuanya. Masa-masa bersama Jen-Chan....

Pertengahan 2004, kelas 3 SMP. Semuanya kembali seperti biasa lagi. Wa n Jen-Chan mulai ngobrol biasa lagi, meski wa masih memendam perasaan ke dia. Yah, As long as she was happy with her boyfriends, It was allright for me..

Pada suatu hari, Jen-chan, lengkap dengan partner-nya, NongNa, ngajak wa ikut perkemahan sekolah katholik SD-SMP, kita jadi panitianya. Wa jelas ga nolak donk~

Kemah sekitar 2-3 harian kalo ga salah. Beda banget ma wa dulu waktu kemah. Di sini ortu mondar mandir jenguk anaknya, nganter ini itu, ngasih ini itu. Yah..Bisa dimengerti…

Di sana kita sibuk dengan urusan masing-masing, ga sempet deket berdua ma Jen-chan. O,ia. Anak-anak skola wa yang ikut kemah: Vivin, Jen-Chan, Gua, Dhani, Siska, Bebek[lupa nama aslinya], trus sapa lagi juga lupa.

Sibuk..Sibuk…Suara rewel anak-anak SD…Berisik..Berisik… Di suatu malam, entah malam keberapa, hujan turun!! Nah lho!! Gedung yang harusnya jadi tempat buat panitia tidur, tiba-tiba dipake seluruh anak peserta kemah, Alhasil kita kehilangan tempat berteduh n tidur…

Malam. Dingin. Tak ada tempat yang dapat menerima kami untuk sekedar membaringkan tubuh. Bermodal tiker selembar, sarung sehelai, kami ber-berapa-kek, mencari tempat yang bisa dibuat tidur. Ke gedung satunya,, ga bisa, gedung satunya lagi, dikunci…
Akhh…Tidur di mana kita!! Tampang kita dah lusuh, kucel. Badan juga dah cape, ngurusin setan-setan cilik yang super rewel itu. Sekarang, mau istirahat, ga da tempat. Akhirnya, kita menemukan suatu tempat yang bisa dipake kita berdelapanan buat tidur. Emperan luar gedung…dengan lebar skitar semeter, kita b’delapan[kalo ga salah] tidur di sana. Dengan lebarnya yang cuman semeter itu, ujan deras yang mengguyur dengan sadisnya kadang menciprati kami.

Meski capek, kita masih ga bisa tidur n masih pingin crita-crita. Jen-chan sempet crita tentang cowonya. Ternyata dia ga gitu suka ma cowonya.
“Males mbek dia, sekarang. Kalo nelpon suka lama trus ga jelas. Kadang suka tak[aku] loudspeaker, biar serumahku denger sisan[skalian].“

Wa rada kecewa dengernya..”Trus, kenapa kamu pacaran ma dia…?” Tanya wa dalam hati. Pikiran wa ke dia rada berubah, tapi perasaan dan hasrat untuk menyatakan perasaan ini masih tersimpan dalam di hati. Hujan masih turun, airnya kadang nyemprot tubuh kami, persis kayak ludah Martin yang nyemprot-nyemprot[Hehe..] waktu lagi ngomong.... Hujan itu begitu deras. Dingin...

Kita mulai coba tidur karena besoknya kami masih harus megang berbagai kegiatan. Dhani, Bebek, ma Gua tidur di tiker yang digelar di lantai. Dhani yang ada di paling pojok, deket perbatasan antara yang kena hujan n engga, kadang kena ciprat air ujan. Kasian. Di bagian sudut gedung deket situ, terdapat semacam tempat kosong. Jen-Chan coba tidur di situ, tapi karena kecil dan sempit dia harus menekuk tubuhnya sedemikian rupa. Vivin n Siska tidur di sbuah bangku yang terbuat dari bambu, yang letaknya di dekat situ. Aku, Dhani and Bebek terletak di antara Vivin-Siska and Jen-chan. Kami mencoba tiduran di emperan yang panjang tapi sempit itu. Tapi tak kunjung tiba. Dhani dan Bebek sering berpindah-pindah posisi and tempat. Karena mereka ga bisa diem, wa duduk aja, nyender dinding. Pasang posisi cool. Hujan mulai berhenti.

Bebek pindah, entah ke mana wa ga inget. Tinggal wa ma Dhani di tiker. Dhani di sisi yang deket tepi, wa di sisi yang deket dinding. Jen-chan masih coba tidur di tempat kosong di bagian sudut gedung. Lama kami mencoba mencari posisi tidur yang pewe, tapi sulit. Tiba-tiba...

”Dhan, tuker mbek aku mau nda?” minta Jen-chan. Dhani dengan terkantuk-kantuk bertuker tempat dengan Jen-chan.

Jen-Chan tidur di samping gua!! Oh, My God!! Unbelieveable!! Hard to Believe!! Kyaaaa~~~ Hard Gay Desu~[woi!!].

Entah apa maksudnya...Wa ga mengerti. Padahal wa yakin, dia udah lama tahu bahwa wa menyukainya. Wa bingung dengan apa yang dia perbuat ini. Tapi wa ga kan memprotes apapun. Gua tidur membelakangi Jen-chan. Ga brani menghadapnya. Dinginnya malam setelah hujan tidak lagi menusukku. Wa merasa hangat. Badan yang lelah ini terlelap dalam kehangatan bersamanya... Hujan yang tadinya sempat kukutuk, saat itu berbalik menjadi sesuatu yang kusyukuri....

Berdua, bersama seseorang yang kucintai, di atas sehelai tikar yang tipis dan kecil itu. Dengan ingatanku yang yang mulai menghilang satu persatu ini, Aku berusaha mengingatnya..Saat-saat itu....
Was it a dream or what... I don’t care,, I won't forget it. It was so warm...

Bangun, wa masih membelakangi Jen-chan. Tapi ternyata...Dia tidur menghadap wa! Mati kutulha wa..Taw gitu gua juga balik arah aja. Biar makin romantis! Hihihi...

Gilak tuh! Tidur skitar jem 2, bangun jem 4an...Mantaph. Tapi wa nyenyak!! huehehehe..Dan kegiatan kemah kami jalani sampe akhir dengan riang. Ga banyak waktu berdua dengan Jen-Chan lagi. Ego wa memaksa untuk curi-curi mendekatinya, tapi wa belajar, bahwa saat itu tugas yang wa emban lebih penting....

4 April 2005, masih kelas 3 smp. Ulang tahun wa ke 15!! Selamat panjang umur dan bahagIAAA~~~Selamat panjang umur dan bahagIAAA~~~ Selamat panjang umur dan bahagIAAA~~~[sudah cukup!! Ni lagu ga kan da abisnya!!]. Jen-chan ga masuk skul, kalo ga salah karena sakit.

"Ha..Sayang hari ini ga da Jen-Chan..." pikir wa dalam hati. Tapi wa tetep bersyukur, Sohib" wa ga lupa ulang tahun wa. Hohoho...
Tiba-tiba di tengah pelajaran, N-Gage QD wa yang masih baru itu..yang masih mulus,,masih ganteng, cakep dan sexy itu, bervibrasi.

Dari Jen-chan!! Kyaa~~[biasa aja donk]!! Wah, wa ga sangka dia ingat!! Kembali, hatiku senang, riang, hari yang kunantikan~~ Huahahahaha...
Langsung wa nengok ke Dheo, "O, punya pulsa ga?". Tanya wa b'hubung pulsa wa skarat.[Ulang tahun tapi kagak bermodal].
"Chiiee,, arep sms sopo, nDhik?" Tanyanya jahil. Wa cuman nyengir.
"Chieee~~" sorak Agung, Dheo ma Bayu.

Di kelas 3 ini, wa n sohib-sohib wa duduk berdekatan. Ni posisi duduk kita bertujuh: Gua ma Agung mejanya nempel sama meja guru di bagian depan pojok kelas, in short: kita tepat di depan guru.[anehnya kalo kita ribut ,tidur, ma maen hape kaga pernah ketahuan, malah yang duduk di belakang yang dimarahin kalo mlakukan kayak gitu]. Dheo ma Bayu duduk di blakang gua ma Agung. Belakang mereka Jen-Chan ma Tita. Di samping kiri meja gua ada Ivan, sama sapa gua lupa. Posisi ajib dah!!

Suatu ketika ketika pelajaran biologi, kita lagi dijelaskan tentang selaput dara. Jen-chan yang kebingungan, dengan polosnya nanya ke Dheo ma Bayu, gimana n koQ bisa selaput dara sobek. Nah, si Bayu yang sangat ilmiah ini menjelaskan dengan segenap jiwa dan raganya. Benar-benar dengan segenap jiwa dan raganya...

"Jadi, selaput dara tu kan tipis, to? Jadi waktu di eehh [-nah!!waktu di sini dia bilang 'ehhh' sambil nyontohin dia lagi nyodok itu selaput dara, pinggulnya digerakin kayak lagi nyodok!!-] ma cowo, dia sobek! Gitu!"
Gua spontan ngakak keras bangeth. Kocak bener dech itu anak.

Yah..Pelajaran Biologi kan emang pelajaran yang banyak kocaknya... plus mesumnya. Contoh: Guru wa lagi nulis 'ORGANISME' di papan tulis. Itu judul bab yang mo kita pelajari, dengan bodohnya wa baca: "ORGASME" dengan suara yang cukup kencang!!

"Hah?? ORGASME?"
Agung langsung ngatain gua mesum. Padahal wa ga maksud, karena emang wa ngliatnya tadi kek gitu. Tapi Ivan yang masih polos ga ngerti apa arti orgasme... Duh, Ivan...Lucunya kamu...^^

Suatu ketika, wa n sohib-sohib wa, plus Jen-Chan n NongNa, dapet tugas mading. Kita sekelompok bertujuh. Kita ngerjain tugas di Humz Ivan, jauh, tapi nyaman. Agung, Bayu, ma Dheo Idiot malah maen-maen ga jelas. Bikin pesawat dll. Wa, Ivan, Jen-Chan, and NongNa rajin kerja. Jen-Chan minta gunting ke Bayu yang saat itu sebenernya duduk ga terlalu jauh dari Jen-chan. Dan..Bayu ngasih itu gunting dengan cara di lempar!! Hebat!! Dah kayak ninja!! Dikira itu gunting shuriken kali. Mungkin diam-diam Bayu terobsesi ninja Hatori. Wa spontan marahin Bayu.

"Wogh!! Aku dimarahin!! Ya, ampun Jeni, lihatlah Andhika, laki-laki yang mencintaimu dengan segenap hati ini!"

MATI GUA!! Malu aku malu..pada semut merah~ GILAK!! YANG BENER AJA!! DIA BILANG KAYAK GITU TERANG-TERANGAN KAYAK KAGA ADA BEBAN ATO APA!!

"Apa seh Bayu..Dah tau dia dah punya cowo.." Wa ngedhumel di dalam hati. Sudah, wa ga tau lagi harus berbuat apa. Setelah itu wa ma Jen-Chan jadi rada salah tingkah. Pulang, di mobil Bayu wa jadiin tempe penyet.

Ga lama setelah ini, wa denger Jen-Chan dah putus ma pacarnya!! Yuhuuu~~ Complete desu~~!! Fooo~~!! SORAK SORAK BERGEMBIRAA~!! Yeah!! Senang, Riang, Hari yang Kunantikan~~!! YES!! Wa seneng banget!! Kesempatan wa wat nyatain perasaan yang wa pendem ampir 2 setengah taon akhirnya akan bisa kusampaikan. Namun kapankah waktu yang tepat? Well, yea..Setelah wa pikir-pikir, hari ulang tahunnyalah yang paling tepat! Wa rasa itu akan memberi kesan. Hahahaha...The way how a romantic type think is always stupid....

Akhir April 2005, wa udah panik nyari kado wat Jen-Chan yang masih sebulan lagi. Wa minta berbagai pendapat dari kalangan wanita. Yah..Perasaan wa ke Jen-Chan sudah menjadi rahasia umum, jadi wa ga perlu malu-malu minta pendapat geng cewe kelas gua. Bingung, kelabakan, wa menjelajah seluruh toko boneka di Jogja. Penjaga tokonya dah wa icipin smua. Bonekanya udah wa colek smua. Harga tetep ga da yang pas!! Hehehe..Canda. Yang bener wa masih lum bisa nemuin yang cocok di hati wa. Hingga suatu saat mata wa terpana pada mata sebuah boneka anjing yang -mnurut- wa lucu!! Kyaa~~ kawaii ne~~ Wa colong tuh Anjing, kmudian wa kluar mall sambil dikejar-kejar satpam..Ya ga gitu juga kali...

Harinya hampir tiba, wa deg-degan. Irama jantung wa kayak lagi ngikutin music ajebh-ajebh. Wa pun dah kek orang ambeien.. salah tingkah gitu. Wa jungkir balik, ampe nungging-nungging [untung di Jogja jarang ada Homo, kalo ga bisa-bisa wa kentut dah ga bunyi...], mikirin kata-kata wat menyatakan perasaan wa ke Jen-Chan. Saking capenya wa sampe ketiduran and ileran...

Malam sebelum ultah, wa sms NongNa.
"Nong, besok wa bole duduk ma Jen-Chan ga,,?"
"Aduh..Gimana yha..?" Bales NongNa.
"Ayolah Nong...1 jem terakhir dech!!", Tawar wa.
"Aduh..Tapi aku kan juga pingin duduk ma Jeni...", NongNa ga mau ngalah. Dia tampak ga tertarik tawaran wa.
"Besok wa ga masuk....", Wa kluarin jurus terakhir. Pura-pura putus asa!!
"Ya udah dech...." YES!! THE LAST ONE WHO LAUGH IN THE END IS ALWAYS ME!! WAKAKAKAKAK...Kena dia ma Jurus P3A[Pura-Pura Putus Asa]. Wakakakak..Cihuii~!! Malamnya pas jem 12.00, wa kirim sms ucapan Happy B'day ke Jen-Chan.

31 Mei 2005, Hari Ulang tahun Jen-Chan!! Dan wa bangun KESIANGAN!! Cakep dah!! Ajibh bener!! Wa langsung aja dianter bokap wa tanpa ba bi bu... Wa langsung lari-lari ke dalem sekola karena bell tampaknya sudah berbunyi cukup lama. Lari ke dalem...Lari di tangga..trus tancep..Lari di Koridor...Masih wa tancep...Mo belok ke kelas, tapi ga isa di rem! Alhasil wa masuk sambil nge-drift, wa nabrak papan tulis. *Gubrakk!!* "Aouww...!!"
"WOOOOOOOOO~~~!!!*plok plok plok plok* Sorak anak-anak sekelas. Keknya emang dari tadi mereka mikir, knapa bisa wa ga da di hari sepenting itu.

Seharian itu wa lalui sambil dag dig dug. Tampang wa dah kayak bapak-bapak yang lagi khawatir nungguin istrinya yang lagi ngelahirin. Waktu terus berjalan... Wa makin panik. Tapi wa terus berkomitmen, "Aku harus nyatakan perasaanku!!"

Ha? Kenapa wa ngotot banget harus menyatakan perasaan wa? Ya..Kenapa yha? Padahal wa tau perasaan wa itu pasti takkan tersambut. Aku tahu itu...Tapi untukku, bukan masalah apa hasilnya nanti. Meski aku tahu hasilnya, aku ingin suatu saat nanti aku tidak menyesal. Menyesal karena ada sesuatu yang tidak sempat kusampaikan pada seseorang yang kuanggap berharga itu. Menyesal karena aku tidak melakukan yang terbaik. Menyesal karena semuanya hanya tersimpan di hati. Dan menyesal akibat perbuatan pengecut macam itu. Aku tidak mau hal-hal seperti itu.

Kenapa tidak kau biarkan saja? Bukankah ia sudah mengetahui perasaanmu dari orang lain? Yha, kenapa tidak begitu saja yha? Toh dia sudah tau...Nah! Justru kalo dia sudah tahu dari orang lain dan situasi yang ada itulah, aku harus memberi tahu dia perasaanku yang sebenarnya secara langsung. Karena aku tidak mau dipandang sebagai seorang pengecut di mata siapapun, apalagi wanita yang aku cintai. Masa iya seh wa harus berdiam? Berpura-pura kaya ga ada apa-apa, padahal dah jelas keliatan kalo wa suka dia? Ga..Ga...Kalo soal rasa seh, Siomay Sparta tetep lebih enak!! Eh...Maksudnya, ga..Ga.. Wa ga kan lakuin hal yang tolol kaya begitu. Wa lebih suka melakukan hal bodoh dengan cara menyatakan perasaan wa secara langsung dari pada menjadi cowo kaya begitu. Kaya Deny yang menyatakan perasaannya kepada cewe yang sangat dia kagumi, wa kasih applouse tuh Deny. [Btw, buat yang belum liat Siomay Sparta, silakan search di You Tube].

Lalu kenapa harus kau katakan secara langsung? Kan malu. Kan grogi. Kan gugup. Bukankah ada teknologi bernama telepon dan HandPhone? Bukankah ada layanan sms dan pos Indonesia? Sekarang juga ada Tiki, DHL, dll. Kenapa?[Lu kira wa mo ngepos barang?]. Bila sampai akhir kau hanya melakukan itu, skali lagi, itu hanya perbuatan pengecut. Harga diri wa ga mengijinkan hal kaya begitu. Mnurut wa, kata-kata yang mewakili perasaan kita, suka, benci, kecewa, termasuk rasa bersalah dan hendak meminta maaf, harus kita katakan secara langsung. Begitulah keluarga wa mengajarkan -secara tidak langsung-. Dan wa yakin bgitulah cara yang benar. Entah, mungkin cuma cara berpikir orang yang kepribadiannya berbasis Romantis yang menganggap seperti itu. Well, that's the way of Romantic type. Kinda boring n stupid...

Lalu kenapa...
SUDAH CUKUP!! Sekarang lanjut ke cerita. Sekarang dah jem terakhir, wa tuker tempat duduk ma NongNa. Sambil rada kikuk, dad dig dut n malu-malu, wa bawa tas gua...

"Ehmm...Jen, boleh duduk di sini ga,,?" Tanya wa sambil garuk-garuk pipi.
"Boleh.." Jawabnya rada malu. Mungkin dia dah tau maksud wa.
"Okey..Trims.." Wa duduk... Semenit berlalu. *siiingggg* hening....

Lima menit berlalu..."Cuacanya cerah..", Kata wa. "Iya." Jawabnya. *krik krik krik krik* Wa mulai ditumbuhi Jamur..

15 menit kemudian..."huaattssyyiii..."*srek*[suara ingus dilap] *siiiinggg* *sreett srett sreett*[suara kertas ditulisin.] Wa dah mulai bulukan...

30 menit kemudian...*blablabla*[suara anak-anak ribut] Wa mengalami komplikasi panu.

Tinggal 15 menit!!! Aaaa~~~ Jamur yang tumbuh dah mulai isa dipetik.

10 Menit terakhir, Akhirnya wa singkirkan jamur-jamur itu dan mulai memberanikan diri.
"Ah, Jen..Ada sesuatu yang pingin kubilang ke kamu dari dulu..." Kata wa getir...
"Oh, yha? Mo bilang apa?" Katanya.
"Ah..Itu..Eh..Bilang Apa yha?" kata wa gugup. Wa lupa text. Bingung mo bilang apa. Nge-Blank. Baru sekitar limat menit kemudian lanjut...

"Ehm..Sebenernya..."
"Eh-hem..?" Dia menanti...
"Itu..." Kata wa masih getir..nervous. Gugup.

"Aku suka kamu!" Kataku dengan cukup kencang. GOBLOK. Kenceng ampe Dheo ma Bayu cekikikan.. Jen-Chan terdiam...
"Dari dulu, sejak kelas satu, aku sudah menyukaimu..."

"Cuman kamu, satu-satunya wanita yang membuatku selalu terlihat bodoh." Kata wa dengan suara yang jadi getir lagi. "Yang selalu membuatku jadi gelisah memikirkanmu...."
"Aku Menyukaimu...."
"......Ehmm..Menurutmu.. aku gimana...?" Tanyaku dengan sangat gugup. Aku tahu jawabnya, tapi tetap ingin kudengar darinya. Jantungku berdetak kencang. Kakiku sedikit gemetar.
"Cuma Teman..."
Deg! Dada ini terasa sesak...
"Cuman itu..?" Kataku masih gugup... "Aku ini payah yha..?"
"Engga koQ! Andhika tu baik...Tapi aku lebi seneng kamu mbek aku temenan.." Katanya sambil tersenyum... Wa masih bersyukur dia ga bilang, ”Aku lebih seneng kamu mbek kambing temenan...” Hehe..Soalnya gara-gara dia selalu menggunakan kata ’mbek’ untuk menggantikan kata ’sama,bareng,bersama’, kita jadi suka bilang,”Mbek, kambing aja!”

"Ah..Makasih...Aku senang..." kata wa sambil nyengir, trus tersenyum rada kecut.
"Ah, ini! Buat kamu!" Wa kluarkan boneka Anjing dari tas gua. "Happy Birth Day yha..."
"Ah..Aduh..Makasih yha..."
"A-ha..Sama-sama.." Kita berdua masih salting. Tapi apapun itu, wa sudah bersiap menghadapi smuanya. Yang pasti wa senang wa sudah mengungkapkan smuanya. Perasaan yang wa pendam selama hampir 3 tahun lamanya...Akhirnya smua itu tersampaikan juga. Wa puas. Wa bersyukur....

.................................................................................................................................

Menurut kalian, apa semuanya itu masih disebut cinta monyet? Hal-hal bodoh yang wa lakukan ketika itu...karena cinta monyetkah? Cintakah? Wa ga mengerti. Tapi setelah ingat kata-kata Megara, pacarnya Hercules,”Seseorang bisa bertindak bodoh ketika ia sedang jatuh cinta.” Wa yakin, itu bukan cinta monyet.

Saat ini, Aku sudah lupa, sepeti apa itu cinta. Aku tidak lagi tau, apakah yang kurasakan pada seseorang adalah cinta atau sekedar suka. Dan berkat 2 hal yang terjadi selama wa di SMAK7, wa mulai meragukan perasaan wa. Perasaan wa ke Jen-chan, perasaan wa terhadap malaikat yang wa kenal setahun kemudian, mungkin cuman sampai di situ wa pernah benar-benar jatuh cinta. Sekarang wa ga mau lagi meladeni perasaan wa, baik itu perasaan suka, ataupun cinta... Wa akan biarkan perasaan itu berkembang, hingga nanti tiba saatnya wa perjuangkan perasaan wa itu. Hingga hati wa yang dingin ini telah benar-benar meleleh karena hangatnya cinta itu. Kemudian hingga nanti wa siap melakukan hal-hal bodoh, demi wanita yang kucintai itu....

"Kemudian kita berjalan lagi ke depan...
Berharap menemukan lagi orang-orang yang berharga...
Memperjuangkan orang-orang dari masa lalu dan masa ini...
Lalu kelak, Semua dari kita akan bertemu lagi..
Berkumpul di Masa Depan yang Bahagia..."

9 comments:

Dennis said...

WTF Gay

Buset dah panjang banget,

gak kuat baca ampe finnish...

di cicil aja...

Arvy Este d' Motion Ape said...

ceritanya dalem.. ahaQ

Kuroneko san said...

harus gw akui post nya dika tuh post dengan bahasa paling puitis tapi ga puitis (lho??) diantara post2 anak moron yang laen..
wkwkwkkw...congrats yaaaa...

Lauretta Liu said...

W.O.W..
suka bangeth baca critanya..
ngena abis..
btw, udah kulink tuh..

The Moron's said...

Emang ini crita kudhu menyisihkan waktu 30mnt seh^^

Makasih yha Buat Commentnya..
Senang ada yang baca..
Wa kira ga bakal ada..
*hikz

Anonymous said...

hwooaa.. the longest blog i've ever read!! 30 minutes..!!
Gw uda berasa maen di jogja tuwh..
ceritanya menariiiiik,,
idup lo seruuuuu ya..

makanya gw langsung minta liat foto Jen-Chan itu.. Penasaran, bo!
Klo lo mah tiap ari juga liat di XIA3..
Ahahahaha..

Gw ga tau mao comment apa dari judul blog lo..
Gw ga ahli dalam urusan itu.. Hehehe!!

God bless u..

-C. LiwanG-

sisimeme said...

panjang bet lo dick

mantap kaw dick..

maju terus dick..

gogogo dick !

Anonymous said...

hmm.. baguss dhik. ^^
2 kata buad kao,,
SO SWEET.. ^o^
hohooo~
*.salut wat kbranian luw dmi org yg luw "cintain". =P*
1 psn jg, jgn cpt nyerah u/ perjuangin prasaan luw.. ^^ hho.





*rha. ^_^

J.D said...

Hohoho

sep neh, mantaph dick postnya

sering2 aja post gini, akhirnya banyak yang comment juga wkwkwkwkwk