Friday, November 30, 2007

Lesson of The day - Integrity

Beberapa waktu lalu gw (jd) ada ikut Young Leader's Conference, udah lama juga sih, tepatnya hampir akhir oktober, tapi berhubung gw baru sempet nulis sekarang, jadi gw critain aja

Young Leader's Conference yang gw ikuti sebenernya program greja gw buat mempersiapkan anak2 muda dalam tugas ministry, nah berhubung gw masi muda, jadi disuruh ikut, gw si oke2 aja, berhubung hari H nya gw ga sibuk.

well disitu kita banyak dikasih nasihat dan ceramah tentang beberapa hal, cape juga, total conference itu berjalan sekitar 5 jam n cuman dikasih 45 menit istirahat buat makan siang, tapi it's worth it

disitu kita diajarin tentang berpegang pada prinsip, bagaimana keadaan sosial di dunia ini semakin lama semakin kacau, dimana benar dan salah sudah semakin abu2, semua berdasarkan pilihan masing2, gampangnya gw sebut aja "Moral Drift". Semua udah relatif buat orang2 jaman sekarang, ada salah satu quote dari seorang pembicara yang gw suka
"If you don't Hang on to something, you will fall for everything"
artinya: Kalo kamu gak berpegang bada sesuatu, kamu akan jatuh pada segala sesuatu

n atu lagi
"In being a leader, you will figure out that there will always be someone or something that tries to go against you, and try to oppose you"
artinya: Kalo kamu jadi pemimpin, kamu bakal menemukan bahwa selalu akan ada seseorang atau sesuatu yang menghambatmu, dan berusaha untuk melawanmu

dua quote diatas emang bener
kita liat quote pertama, scenario paling gampang gini, ada orang ga punya agama, dan ga punya pegangan hidup, maka apa aja bakal benar buat dia, dengan dia ga punya pegangan hidup, dia bisat jatuh pada segala macam hal, sperti narkoba, etc.

quote kedua, well menurut gw itu restatement dari Human Nature,
bukan manusia namanya kalo ga ada perselisihan, tapi justru itu, dari situ gw bisa ngerti kenapa jadi seorang pemimpin susahnya ga maen2, dan gw jadi blajar buat siap2 ngadepin tantangan ato hambatan di idup gw, terlepas posisi gw di hidup ini, toh hambatan slalu ada

Yang paling menarik dan penting mnurut gw pas kita ngebahas tentang Integritas. Karna conference itu, integrity jadi bahan pikiran sekaligus hal yang pengen gw capai selama sebulan ini.
Kasarnya, integritas itu bentuk moral yang paling tinggi dan susah dicapai, integritas mencakup kelakuan, disiplin, komitmen, kerja keras, tanggung jawab, dan sebagainya. Integritas itu hal yang wajib dipunyai orang kalo mau sukses ataupun jadi pemimpin, dan menurut gw ini hal penting yang udah jarang banget bisa ditemuin dikalangan anak2 muda jaman sekarang. Kalo gw liat keadaan sekitar gw termasuk gw sendiri, dari tulisan yang diatas tentang moral drift itu udah bukti bahwa generasi sekarang itu ga punya integritas. Gw juga ga stereotype bahwa smua generasi sekarang ga punya integritas, karna gw masih kenal dan tau beberapa orang yang gw kagumi dan punya integritas meskipun umurnya masih muda.
Integritas menurut gw leih penting dari kepintaran. Kepintaran tanpa integritas bisa menjurus ke tindak negatif, karna integritas juga merupakan "moral guidance" dalam hidup. Contoh lain, kepintaran tanpa integritas ga membuahkan hasil yang baik, gampangnya gini, ada orang pinter, ide2 bermunculan setiap saat di otaknya, tapi tanpa integritas, orang itu ga bakal bisa merealisasikan ide2 tersebut.
So guys and gals, pikirkan tentang ini,

Nah buat nutup, gw kasih Metafora yang gw buat abis mikir2 tentang integritas
"Kepintaran tanpa Integritas adalah Senapan tanpa Pelatuk"

3 comments:

Anonymous said...

Ipeeeen!!!
Keren banget!!!
kayaknya agak menjawab pertanyaan di post terbaru di blog gw dehh
Hehehhe
kok bisa kebetulan nyambung gitu ya?

J.D said...

mana gw tauq -_-!

sisimeme said...

. . . .

nais post men !