Tuesday, March 04, 2008

The Definition Of Love









Free Debt Advice


Use our free online debt calculator
right now to compare IVA plans!


www.trapped.co.uk




Matched.co.uk


Ok, post ini sebenernya gw rencanain buat hari Valentine, tapi gara2 sepi pengunjung n baru ada yang post, jadinya gw undur + males nulisnya, n alhasil postnya rada pendek, soalnya material2 yang dah gw pikirn dah kelupaan ~_~, pdhal ni post gw rasa bener2 serius n pengen gw share.
tapi ndah apa2lah, gw post aja sekarang buat buah pemikiran, n kalo gw inget2 lagi material yang kurang, gw bakal edit ini post

here goes, Prepare an open mind before reading this

"Mnurut lo, cinta itu apa sih?"
Pertanyaan diatas udah ga asing lagi dikalangan remaja. Banyak yang mencoba mendifinisikan cinta, mulai dari yang simple2, sampe yang kesannya puitis banget. Sayang cuman segelintir yang mampu menjalani cinta yang mereka definisikan. Gw yang biasanya ga tertarik ama hal ginian, jadi mikir dua kali pas seorang pendeta mendifinisikan cinta.

"Cinta itu pengorbanan", ucap sang pendeta di hari minggu itu. Gw yang biasanya terkantuk2 ntah kenapa kesambit ama tu kalimat. mungkin berhubung waktu itu seminggu sebelom valentine, jadi gw coba mikir2 lagi tentang ini. Sampe rumah, gw masi mikir2 tentang kalimat itu. Bener juga pikir gw, kalo diliat2, ga ada itu cinta tanpa pengorbanan. Nah terus gw pikir, inilah yang jadi masalah sama remaja2. Sampe sejauh mana si cowo ato si cewe mau berkorban buat pasangannya? Dan sampe sejauh apa pengorbanan itu dibutuhin buat relasi cewe-cowo jadi awet? Gw rasa, buat menjawab itu, kita harus coba ngambil contoh yang baik, dan di post ini, gw akan ambil topik tentang Cinta Orang tua

Jujur, gw dapetin pemikiran ini sejak gw pisah sama orang tua gw, dimana satu hari gw diem di kamar n gw lagi kangen2nya ama orang tua gw, gw terus introspeksi n mikirin hal2 terhina yang dah gw lakuin ke mereka, sperti gw pernah menampar nyokap gw sendiri dan dia sampe nangis. Sehabis gw introspeksi, gw bener2 nangis dikamar, HOW SHAMEFUL I AM!!

"Ahk! gw benci ama bonyok gw! mereka ga pernah ngertiin gw!!"
Kalimat diatas juga ga asing buat kita. Kebanyakan inilah yang jadi sumber konflik anak-orang tua.
Kalo dipikir2 lagi, sebenernya siapa sih yang ga ngertiin siapa? dari kalimat diatas, udah jelas banget keliatan kalo itu diucapkan secara self-centered ato dari perspektif diri sendiri. Kita cenderung mementingkan diri sendiri, "kita yang dingertiin, orang laen yang harus ngertiin kita", mungkin begitu.
Padahal, kalo kita coba ngertiin orang tua kita, justru kita bakal ngerti kalo kitalah yang ga ngertiin mereka. Kenapa mereka suka over-protective ato ngejengkelin kita? well karena mereka sayang. Orang tua kita juga dulunya pernah mengalami masa2 kayak kita, biarpun jamannya udah berbeda. Mereka ngelakuin itu buat nasehatin kita, soalnya mereka ga mau kita kenapa2, ato kita terjerumus ke arah yang salah. Jalan yang bener emang seringkali sempit, ga banyak unsur "senang2" didalamnya, yang bertolak belakang sama kecenderungan remaja, yaitu cari identitas dan bersenang2. Nasehat orang tua kita seringkali sangat bertolak belakang sama kalimat "Remaja itu masa paling indah, dan cuman sekali, manfaatin lah!". Well ada benernya juga, tapi kalo kita cuman ngikutin hedonisme dari kalimat itu, hampir bisa dipastikan idup kita di masa depan bisa amburadul, dan inilah yang pengen dicegah sama orangtua kita, karna mereka bener2 sayang dan ga mau anak2nya punya masa depan suram.
Kalo diliat dari perspektif mereka, gw rasa mereka pasti sedih, berusaha nasehatin yang baik, tapi anaknya malah membentak, ato melawan. Ibaratnya lo nolongin temen lo, eh lo malah digampar. Padahal tujuannya tulus n didasarin kasih. Dan mereka rela menyisihkan waktu kerja mereka ato kesibukan mereka, buat menghadapi perlawanan kita. Justru kitalah yang harus coba mengerti mereka, gimana mereka udah korban waktu dan energi buat nasehatin kita

Kalo kita liat perjalanan idup kita, gw rasa sangat kebangetan kalo kita sampe kurang ajar sama orang tua.
Kita sendiri ga pernah ngerasain sakitnya melahirkan, dan gimana bangganya nyokap2 kita pas anaknya lahir. Bagaimana perasaan bokap2 kita pas jadi ayah.
Begitu kita anak2, gimana jengkelnya bokap-nyokap kita harus menghadapi kenakalan kita, gimana bokap/nyokap cari duid buat ngidupin kita dan masi bisa mengorbankan waktu istirahat mereka buat bawa kita jalan2, ato sekedar bermain
Pas kita remaja, betapa sakitnya hati mereka kalo kita sampe ngelawan, ato malah membentak n pake kata2 kotor ke mereka. It hurts. Temen lo ngatain elo aja bisa sakit ati, coba bayangin ini anak sendiri, gw rasa bener2 sakit. Padahal mereka dah susah payah cari uang, ngebiyayain sekolah kita, uang hasil kerja mereka dipake buat cukupin kebutuhan kita, padahal bonyok kita juga manusia, dan tentu punya hal2 yang pengen dibeli ato dicapai, tapi mereka rela ngorbanin itu buat bikin kita seneng, ngebeliin apa yang kita mau, dan laen2. Sangat ga adil buat mereka kalo kita sampe kurang ajar. Karna itu artinya kebaikan mereka kita balas dengan caci maki.

In a different case, mungkin seringkali orang tua kita nolak buat ngasih apa yang kita mau, ato mungkin kita merasa ga dihargai buat prestasi2 yang kita capai. menurut gw, itu terjadi karna kita melihat dari sisi material aja. padahal sebenernya belaian kasih sayang, ucapan selamat, nasehat2, itulah yang menunjukan betapa mereka mengasihi kita, karna apa yang mereka berikan itu amat berguna buat kita, dan dari situlah kita tau bahwa mereka menginginkan kita untuk berhasil dan memperoleh yang terbaik, dan kalu dasar dari kasih mereka seperti itu, maka itulah cinta yang tulus. Kata "Selamat yah" mungkin terdengar sangat biasa buat kita, tapi coba kita liat dari sudut pandang mereka. Ketika mereka ngucapin itu, gw yakin hati mereka 100% bangga sama kita dan bener2 seneng.

Mungkin bisa aja ada dari kita yang bilang "Belom tentu orang tua kita bener. Gue ga mau ngikutin setiap kata2 mereka karna ini IDUP GUE"
Betul. Mereka memang bukan Tuhan yang bisa mengontrol hidup kita, tapi gw harap kedepannya kita introspeksi dan mikir2 lagi sebelom ngucapin kalimat itu. Cobalah memikirkan hal2 diatas tadi, seenggaknya kita hormatin lah perintah mereka, dan coba ngertiin mereka, kalo kita bisa ngelakuin ini, gw yakin kita ga akan ngucapin kalimat seradikal itu, dan gw percaya hubungan anak-orangtua bakal makin kuat dengan kita pengertian ama mereka

Dan sekarang salah satu Goal dalam hidup gw dikala gw dewasa adalah mendenga sebuah kalimat terucap dari orang tua gw, yang berbunyi "I'm proud of you" karna gw percaya, membuat orang tua bangga adalah bukti buat mereka bahwa segala pengorbanan, biaya, dan kasih yang mereka berikan pada kita ataupun permasalahan dan kesusahan yang telah mereka hadapi demi kita gak sia2, dan gw percaya itulah hadiah terbaik yang bisa kita berikan pada mereka, sebelum mereka meninggalkan dunia ini.

So what is love? Indeed, Love is a Sacrifice
Kalo kita bisa seengaknya mempunyai kasih kayak kasih orang tua ke kita, gw yakin relasi dengan siapapun pasti bisa bertahan




4 comments:

Dennis said...

woah, kalo itu sih kata pendeta...


kalo kata gw...

Love is a nicer process to get laid...

Love is one step before havin 53><...

WTF!?!?! nvm...

J.D said...

wah kalo dari sudut pandang itu sih

Love may be blind, but sex is an eye opener

huakakakaka

Kuroneko san said...

weee..
dalem banged deh tulisannya..
tapi bonyok gw, walopun gw udah ngertiin mereka tapi ga pernah ngertiin gw tuh -_-"

J.D said...

ya hormati aja lha, kan lo ga pernah tau kapan mereka bakal ninggalin elu, daripada nanti lo menyesal ga pernah seenggaknya hormatin mereka pas mereka masi idup

lagian klo gitu didiskusiin ajakin duduk terus omongin